Rabu, 29 Oktober 2014

SDM Dan Organisasi PT Dua Kelinci

SDM DAN ORGANISASI PT.DUA KELINCI

Sejarah Singkat Perusahaan

PT Dua Kelinci merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang penyedia makanan terkemuka di Indonesia. Produk perusahaan ini terkenal dengan merek Dua Kelinci. Perjalanan perusahaan ini dimulai sejak tahun 1972 di Surabaya. Berawal dari usaha re-packing kacang garing yang berlabel "Sari Gurih" yang berlogo gambar dua kelinci. Dengan berkembangnya bisnis, pada tanggal 15 Juli 1985, didirikanlah PT Dua Kelinci yang kini menjelma menjadi produsen kacang terkemuka di Indonesia dengan menerapkan sistem manajemen kualitas produk berstandar internasional. Usaha re-packing kacang ini yang didirikan oleh Bapak Ho Sie Ak dan Ibu Lauw Bie Giok di Pati, Jawa Tengah merupakan cikal bakal tumbuhnya industri kacang garing besar di Indonesia. Selanjutnya sejak didirikannya perusahaan oleh Bapak Ali Arifin dan Bapak Hadi Sutiono merek produk pun berubah dikarenakan sebagian besar konsumen lebih suka menyebut Dua Kelinci dibandingkan dengan Sari Gurih. 

Manajemen Perusahaan
1.    StrukturOrganisasi
Struk tur organisasi PT Dua Kelinci menerapkan bentuk organisasi lini dan staf. Garis kekuasaan pada organisasi lini adalah lurus kebawah dan setiap bawahan bertanggung jawab langsung kepada atasannya. Wewenang pada organisasi lini biasanya berwujud wewenang dari atasan kebawahan secara langsung. Posisi staf berfungsi untuk membantu pelaksanaan tugas perusahaan. Direktur utama perusahaan sebagai motor penggerak yang bertugas memberi motifasi dan saran. Direktur utama membawa direktur kemudian direktur membawa manajer pemasaran. Manajer financial manajer representative. Dan manajer public (factori manajer/fm). Posisi staf memiliki hak untuk menyarankan, merekomendasi atau konsultasi kepada personal lini, akan tetapi, para staf tidak memiliki wewenang memerintah personal lini, penerapan bentuk ini dimaksutkan untuk memudahkan koordinasi kerja, selain itu, supaya kebijaksanaan strategis perusahaan diturunkan dengan lancer keseluruh bagian.

2.   Sistem organisasi
PT DUA KELINCI menerapkan sitem organisasi sebagai berikut :
a)    Tugas pemimpin
  • Mengambil keputusan dalam kebijaksanaan perusahaan penentuan peraturan, pemutusan hubungan kerja dan penentuan jam kerja.     
  • Mengkoordinasi semua bagian di perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan.
  • Menerima pertanggung jawaban dari tiap kepala bagian bawahannya atas pelaksanaan tugasnya.


b)   Tugas Kepala Bagian Produksi
  • Menentukan standar kualitas, ukuran dan kemasan yang digunakan.
  • Mengatur segala kepentingan, proses produksi sampai barang siap dijual.
  • Menerima pertanggung jawaban dari tugas yang diberikan dari sub bagian yang dipimpinnya.
  • Bertanggung jawab kepada pimpinan.


c)    Tugas Kepala Bagian Pemasaran
  • Menentukan sasaran pasar dan mengambil alternative keputusan dalam kebijaksanaan srategi pemasaran.
  • Menciptakan pasar dan menjalankan penjualan dengan mengkoordinasikan order dengan unsur pemasaran lainnya sesuai order yang diterima.
  • Menerima pertanggung jawaban dari tugas yang diberikan dari sub bagian yang dibimbingnya.
  • Bertanggung jawab kepada pimpinan.


d)   Tugas Kepala Bagian Personalia dan Umum
  • Mengetahui semua permasalahan yang berkaitan dengan semua karyawannya.
  • Berhak mengambil keputusan untuk menyelesaikan permasalahan.
  • Melakukan pengaturan terhadap karyawan perusahaan serta berbagai kriteria.
  • Menerima pertanggung jawaban dari tugas yang diberikan dari sub bagian yang dipimpinnya.
  • Bertanggung jawab kepada pimpinan.


e)    Tugas Kepala Bagian Akuntansi dan Keuangan
  • Mengetahui semua permasalahan keuangan perusahaan.
  • Mengkoordinasi kan pekerjaan karyawan dari tugas yang diberikan dari sub bagian yang dipimpinnya.
  • Bertanggung jawab kepada pimpinan.


f)     TugasMandor
  • Mengawasi kerja karyawan pada masing-masing bagian agar kerja karyawan dapat disiplin dan konsentrasi pada pekerjaannya.

g)   TugasKaryawan/ Pekerja
Melaksanakan kerjanya sesuai bagian masing-masing.

3.   Hak dan Kewajiban Karyawan
Ø   Hak Karyawan
Di PT. DUA KELINCI setiap karyawan mempunyai hak dan kewajiban masing-masing yang harus dijalankan sesuai dengan tugasnya.Karyawan mempunyai hak dan kewajiban yang akan dipenuhi antara lain:

a)    Hak Cuti
Cuti merupakan hari libur bagi karyawan selain hari libur nasional, yang diberikan oleh perusahaan sesuai dengan aturan dari perusahaan tersebut. Setiap karyawan berhak mendapatkan istirahat atau libur selama 12 hari berturut-turut minimal setelah bekerja selama 1 tahun. Bagi karyawan wanita mendapatkan cuti tambahanya itu cuti hamil selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan setelah melahirkan dengan mendapat upah penuh. Perusahaan juga memberikan ijin kepada pekerja untuk meninggalkan pekerjaannya dengan mendapatkan upah penuh apabila:
  • Pernikahan pekerja selama 2 hari.
  • Khitanan anak pekerja selama 1 hari.
  • Pernikahan anak pekerja selama 1 hari.
  • Istri pekerja melahirkan selama 1 hari.
b)    Perawatan dan Pengobatan
Untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan salah satunya dengan program Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Program ini ditujukan kepada tenaga kerja yang mempunyai resiko kecelakaan tinggi seperti sopir dan bagian teknisi yang mengoperasikan mesin produksi secara langsung. Tenaga kerja dan keluarganya juga memperoleh jaminan pemeliharaan kesehatan yang diselenggarakan oleh balai pengobatan. Bagi pasien yang tidak dapat diatasi di balai pengobatan setempat maka pasien tersebut dapat langsung dilarikan atau dibawa kerumah sakit umum terdekat yang biasanya ditanggung oleh perusahaan.

c)   Tunjangan  Kecelakaan  Kerja
Tunjangan kecelakaan akan diberikan kepada pekerja apabila mengalami kecelakaan kerja selama masih dalam hubungan kerja. Tunjangan tersebut berupa ganti rugi yang meliputi biaya transportasi dari tempat kecelakaan sampai kerumahsakit, serta biaya perawatan dan pengobatan dan sejumlah uang.

d)    Tunjangan Kematian bukan karena Kecelakaan
Pekerja yang meninggal bukan karena kecelakaan kerja maka perusahaan akan memberi sumbangan kepada ahli warisnya dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Upah dalam bulan yang sedang berjalan.
  • Sumbangan ongkos penguburan.
  • Uang duka yang besarnya ditentukan dengan kebijakan perusahaan.


Ø   Kewajiban Karyawan
Setiap karyawan wajib menaati peraturan yang berlaku di perusahaan antara lain:
  • Bekerja sesuai dengan aturan dan pembagian sift.
  • Sebulan hanya diperbolehkan 1 kali absen kecuali ada kepentingan yang tak bias ditinggalkan.
  • Wajib mengenakan pakaian seragam kerja.
4.   Tenaga Ketenagakerjaan
a)    Spesifikasi Tenaga Kerja
Tenaga kerja merupakan faktor yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan perusahaan.Tenagakerja di PT DUA KELINCI bejumlah 6526 orang. Berdasarkan cara penggajiannya, tenaga kerja di PT DUA KELINCI ini dibagi menjadi 3 macam, yaitu pekerja bulanan, harian tetap, dan kontrak. Distribusi rincian jumlah tenaga kerja untuk 3 macam pekerja tersebut yaitu pekerja bulanan sebanyak 184 orang, pekerja harian tetap sebanyak 1.558 orang, dan pekerja kontrak sebanyak 4.784orang.
Dalam pelaksanaan harian, pekerja PT DUA KELINCI dibagi menjadi 2 macam jam  kerja yaitu shift dan non shift.
PEKERJA
JAM KERJA
Non shift
07.00 – 15.45
Shift 1
06.30 – 15.00
Shift 2
14.30 – 23.00
Shift 3
22.30 – 07.00
Data: Personalia PT DUA KELINCI, 2009

b)   Sistem Perekrutan Karyawan
Penambahan jumlah tenaga kerja pada bagian produksi ditambah menjadi dua kali lipat dari hari biasa. Sedangkan cara perekrutan tenaga kerja adalah dengan cara “Gethok Tular” yaitu apabila salah satu karyawan mempunyai saudara yang belum bekerja maka boleh mengajak saudaranya untuk menjadi tenaga kerja atau karyawan PT DUA KELINCI terutama di bagian produksi.

c)    Sistem Penggajian
Sistem penggajian di PT DUA KELINCI adalah bulanan untuk karyawan tetap dan mingguan untuk karyawan yang dikontrak untuk bekerja, pada hari tertentu seperti hari raya atau hari produksi mengalami peningkatan. Sedangkan untuk nominalnya, disesuaikan dengan UMR. Untuk meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja maka perusahaan akan memberikan kenaikan jabatan. Kenaikan jabatan tersebut diberikan kepada karyawan yang selalu bekerja dengan rajin, tekun dan jarang absen.

5.   Fasilitas
PT DUA KELINCI memberikan beberapa fasilitas kepada karyawan untuk menunjang kenyamanan pekerja, antara lain :
  • Kamar mandi, ruang ganti, dan loker; untuk menyimpan barang bawaan pekerja serta perlengkapan kerja seperti penutup kepala, masker, sarung tangan, dan sepatu boot.
  • Musholla; sebagai sarana ibadah bagi umat Islam.
  • Kantin / tempatmakan
  • Koperasi
  • Ruang training
  • Poliklinik
  • Mesh untuk karyawan tetap  yang  tempat tinggalnya jauh dari pabrik.


Komentar

Menurut saya PT Dua Kelinci meruapakan salah satu perusahaan besar yang bergerak di bidang makanan ringan khususnya garing yang secara terus menerus dan teratur melakukan inovasi-inovasi untuk menciptakan produk-produk baru untuk dipasarkan ke masyarakat. Seperti pada tahun 2000 PT Dua Kelinci telah meluncurkan produk-produk baru seperti Shanghai DK, Hot Nut, Garlic Nut, Ha Lofet, dan lain-lain. Omset penjualan perusahaan ini dapat mencapai 6 triliun pertahunnya.  

Selain itu PT Dua kelinci ini terus melakukan perluasan pangsa pasar hingga menjacapai global, menjangkau negara-negara di Asia, Australia, Eropa, dan Amerika Serikat. Dua kelinci tidak hanya mendistribusikan produknya di luar negri sebagai kegiatan menjual tetapi PT. Dua Kelinci serius memasuki pasar global sebagai target pemasaran perusahaan.


Refrensi 
1. http://duakelinci.co.id/
2. http://fahmitanzilal.blogspot.com/2014/04/sdm-ptdua-kelinci.html






Tidak ada komentar:

Posting Komentar