Definisi
Web Science
Apakah
yang dimaksud dengan Web Science? Menurut struktur katanya, Web Science terdiri
atas kata “Web” dan kata “Science”, dimana kedua kata tersebut memiliki arti
yang berbeda. Berikut merupakan penjelasan dari definisi kedua kata tersebut
sehingga dapat membentuk suatu istilah baru yang disebut dengan “Web Science”.
Web
atau Website merupakan suatu halaman informasi yang disediakan melalui jalur
Internet, sehingga web dapat diakses di mana saja selama web tersebut terhubung
atau terkoneksi dengan jaringan internet. Web merupakan alat komunikasi online
yang menggunakan media internet dalam pendistribusian atau penyebarannya. Web
merupakan kumpulan halaman yang menampilkan informasi dengan berbagai macam
jenis. Diantaranya berupa data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi,
suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik web tersbut bersifat statis
maupun bersifat dinamis yang akan membentuk suatu rangkaian yang saling terkait
dimana masing-masing rangkaian tersebut dihubungkan dengan jaringan-jaringan
halaman yang disebut dengan hyperlink.
Berikutnya
pengertian tentang Science. Science atau sains sangat erat hubungannya denga
Ilmu Pengetahuan, banyak yang mendefinisikan bahwa sains itu sama dengan Ilmu
Pengetahuan. Namun menurut bahasa, sains adalah aktivitas pemecahan masalah
yang dilakukan oleh manusia yang dimotivasi oleh rasa ingin tahu tentang dunia
sekitar mereka dan keinginan untuk memahami suatu hal atau kejadian tersebut.
Sedangkan
yang dimaksud dengan Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi
atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya
pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita
belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media
komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar
memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata
yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi,
bidang sosial dan bidang pendidikan.
Sejarah web
Penemu situs web adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee,
sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertamakali muncul pada
tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan
tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia
bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja)
mengumumkan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah
server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus
untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protokol
HTTP yang disebut sebagai Server HTTP (bahasa Inggris: HTTP Server) seperti
Apache HTTP Server, atau Internet Information Services (IIS).
Dalam
perkembangan’a teknologi web dibagi menjadi web 1.0, 2.0, 3,0 :
WEB
1.0
Web
1.0 merupakan teknologi awal dari sebuah website, teknologi ini masih statis
dimana antara pembuat website dan penikmat website hanya terjadi komunikasi 1
arah dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan penikmat hanya sebagai
pembaca, ya layaknya seperti membaca Koran atau majalah, bedanya kegiatan
membaca lewat computer, aktifitas ini hanya sebatas searching. Halaman pada web
ini masih terkesan “biasa”, bahasa yang digunakan juga masih bahasa HTML saja.
ciri-ciri
web 1.0 :
1.
Halaman statis, bukan dinamis pengguna-konten yang dihasilkan.
2.
Penggunaan framesets.
3.
Milik HTML ekstensi seperti dan tag diperkenalkan pada awal perang browser.
4.
Online guestbook.
5.
GIF tombol, biasanya 88×31 piksel dalam ukuran web browser dan mempromosikan
produk lain.
6.
Pengguna akan mengisi formulir, dan setelah mereka mengklik mengirimkan email
klien akan mencoba untuk mengirim email yang berisi formulir rincian.
WEB
2.0
Web
2.0 adalah buzzword terbaru di dunia internet. Berbagai inovasi dan fitur-fitur
baru yang muncul di dunia web membawa suatu pandangan baru tentang jenis situs
web atau aplikasi web yang disebut web 2.0. Istilah web 2.0 disebut-sebut oleh
Dale Dougherty dari O’Reilly Media yang melakukan brainstorming dengan Craig
Cline dari Media Live untuk menghasilkan ide konferensi di mana mereka menjadi
host. Akhirnya pada bukan Oktober 2004 O’Reilly Media, Battele dan MediaLive
mlakukan konferensi web 2.0 pertama dan kedua pada bulan Oktober 2005. Sebelum
muncul istilah web 2.0 yang sering digunakan adalah istilah semantic web.
Web
2.0 mempunyai keuntungan yaitu memungkinkan pengguna internet dapat melihat
konten suatu website tanpa harus berkunjung ke alamat situs yang bersangkutan.
Kemampuan Web 2.0 juga dalam melakukan aktivitas drag and drop, auto complete,
chat, dan voice seperti layaknya aplikasi desktop, bahkan berlaku seperti
sistem operasi, dengan menggunakan dukungan AJAX atau berbagai plug-in (API)
yang ada di internet. Hal tersebut akan merubah paradigma pengembang sofware
dari distribusi produk menjadi distribusi layanan.Sifat dari web 2.0 adalah
read write. Web 2.0 mempunyai kelebihan dimana interaksi sosial di dunia maya
sudah menjadi kebutuhan, sehingga era Web 2.0 ini memiliki beberapa ciri
mencolok yaitu share, collaborate dan exploit. Di era Web 2.0 sekarang,
penggunaan web untuk berbagi, pertemanan, kolaborasi menjadi sesuatu yang
penting. Web 2.0 hadir seiring maraknya pengguna blog, Friendster, Myspace,
Youtube dan Fickr.
ciri-ciri
web 2.0 :
1.
Web sebagai platform.
2.
Web menyediakan suatu wadah pengetahuan.
3.
Aplikasi web ini akan terupdate secara terus menerus.
4.
Model pemrogramannya ringan.
WEB
3.0
Web
3,0 adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan tahap
evolusioner dari Web yang berikut Web 2.0. Mengingat bahwa teknis dan sosial
dalam mengidentifikasi kemungkinan kedua istilah ini belum sepenuhnya menyadari
sifat mendefinisikan Web 3,0 sangat spekulatif. Secara umum merujuk kepada
aspek yang internet, walaupun mungkin berpotensi, secara teknis tidak layak
atau praktis saat ini.
Teknologi
WEB 3.0
1.
SOAP
Simple
Object Access Protocol) adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML
melalui jaringan komputer atau sebuah jalan untuk program yang berjalan pada
suatu sistem operasi (OS) untuk berkomunikasi dengan program pada OS yang sama
maupun berbeda dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk
pertukaran data.
2.
REST
representational
state transfer atau transfer keadaan representasi, adalah suatu gaya arsitektur
perangkat lunak untuk untuk pendistibusian sistem hipermedia seperti WWW.
3.
WSDL
format
XML yang diterbitkan untuk menerangkan webservice. WSDL mendefinisikan:
a. Pesan-pesan (baik yang abstrak dan kongkrit) yang dikirim ke dan menuju web
service
b. koleksi-koleksi digital dari pesan-pesan (port type, antarmuka)
c. Bagaimana port type yang ditentukan dijadikan wire protokol di mana servis
ditempatkan.
4.
WDDX
Web
Distributed Data eXchange.
Mekanisme
pertukaran data dari lingkungan yang berbeda
Arsitektur
web
Arsitektur Website
adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti
arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional.
Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan
kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web,
rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi dan desain arsitektur
web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang
bagaimana sebuah situs Web terkait dengan World Wide Web.
Beberapa
aplikasi utamanya :
1. HTTP,
HTML, Web Server, dan Internet
- HTTP (Hypertext Transfer Protocol)sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia.
- HTML (Hyper Text Markup Language)bahasa standar untuk membuat suatu dokumen HTML (halaman web) yang terdiri dari kode-kode singkat tertentu, dimana dengan kode-kode tersebut akan memerintahkan Web Browser bagaimana untuk menampilkan halaman Web yang terdiri dari berbagai macam format file seperti teks, grafik, animasi, link maupun audio-video.
- Web browser ialah sebuah progam yang dapat menterjemahkan kode perintah dari dokumen HTML tersebut sehingga dapat kita lihat, baca dan dengar. Contoh dari Web Browser adalah Internet Explorer, Netscape Navigator, Mozilla Firefox, Opera, Safari dll.
- Internet ialah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran jaringan komputer di seluruh dunia mulai dari sebuah PC, jaringan-jaringan lokal berskala kecil, jaringan-jaringan kelas menegah, hingga jaringan-jaringan utama yang menjadi tulang punggung internet seperti NSFnet, NEARnet, SURAnet, dan lain-lain.
2. Wikis, Blogs, Folksonomies, Social Network, dan Usergenerated Content
- Wiki merupakan kumpulan halaman-halaman web yang dapat diubah oleh semua orang setiap saat. Konsep dan peranti lunak wiki diciptakan oleh Ward Cunningham.
- Blog ilah singkatan dari Web Log, Blog itu sendiri adalah sebuah situs yang asal mulaya merupakan catatan harian online yang dibuat oleh siapa pun, kapan pun, dan di manapun. Jenis Blog / penyedia Blog local maupun internasional : Blogger.com, wordpress.com, Typepad.com, livejournal.com, blogdrive.com, blogsome.com, edublogs.org, diaryland.com, xanga.com
3. Semantic Web Summary
Pengertian Semantic Web (Web
Semantik) atau Definisi Semantic Web adalah pengembangan dari World Wide Web di mana makna semantik dari informasi di
web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Semantic Web
berasal dari World Wide Web Konsorsium
dari Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan.
Semantic Web terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja
kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Semantic Web yang
dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Semantic Web
disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi
formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu. Istilah Web Semantik itu sendiri
diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip
web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World
Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web
Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description
Framework Schema) dan OWL.
4. Web Security
Suatu tata cara mengamankan
aplikasi web yg dikelola, biasanya yg bertanggung jawab melakukannya adalah
pengelola aplikasi web tsb.
Mengenai masalah yang berkaitan
dengan keamanan di dalam era digital tidak lepas dari 3 prinsip utama yaitu
Confidentiality, Integrity, dan Availability atau lebih dikenal dengan nama
CIA. Sama halnya ketika bergelut dengan keamanan (security) sebuah website,
princip CIA sudah selayaknya dijadikan pedoman yang harus dipahami apabila
ingin website kita lebih aman dan sulit untuk diserang.
Institusi
pengelola web/internet
Untuk
dapat berjalannya web/internet, diperlukan penyedia jasa layanan internet (isp)
dan web hosting.
- ISP
Penyedia
jasa Internet (disingkat PJI) (bahasa Inggris: Internet service provider
disingkat ISP) adalah perusahaan atau badan yang menyediakan jasa sambungan
Internet dan jasa lainnya yang berhubungan. Kebanyakan perusahaan telepon
merupakan penyedia jasa Internet. Mereka menyediakan jasa seperti hubungan ke
Internet, pendaftaran nama domain, dan hosting.
ISP
ini mempunyai jaringan baik secara domestik maupun internasional sehingga
pelanggan atau pengguna dari sambungan yang disediakan oleh ISP dapat terhubung
ke jaringan Internet global. Jaringan di sini berupa media transmisi yang dapat
mengalirkan data yang dapat berupa kabel (modem, sewa kabel, dan jalur lebar),
radio, maupun VSAT.
- WEB HOSTING
Web
Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang
memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau
produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat
penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki
koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh
user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website
dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.
Pada
dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa
namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta
disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus
dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.
Aspek
hukum dalam berinternet
Internet
sebagai media informasi tidaklah terbebas dari aturan meski penerapannya
sedikit berbeda. Internet memiliki aturan “baku” yang sesungguhnya efektif
untuk meminimalisir perilaku negatif. Sebagai sebuah media informasi, internet
tidaklah lebih dari sebuah sarana yang tersedia jutaan informasi dari berbagai
penjuru dunia, bila kita tidak pintar memilah dan memilih informasi, bukan
tidak mungkin kita, keluarga khususnya anak-anak akan terjerumus ke dalam
perbuatan yang melanggar aturan .
Bila
kita cermati, terdapat 2 (dua) hal pada saat kita membahas hukum atau aturan di
bidang internet yakni infrastruktur dan konten (materi). Pemerintah telah
mengeluarkan kebijakan di bidang infrastruktur, yakni peraturan hukum tentang
telekomunikasi dan penyiaran serta ketentuan tentang frekuensi radio dan orbit
satelit.
Sementara
itu pada bagian konten (materi), pemerintah telah mengeluarkan banyak peraturan
yang berhubungan dengan pemanfaatan internet sebagai media informasi antaralain
tentang perlindungan konsumen, perbankan, asuransi, hak kekayaan intelektuan,
pokok pers, ketentuan pidana perdata (kata kuncinya adalah “informasi”).
Didalam
dunia maya, dinegara kita tercinta sudah diatur dalam UUITE, Secara umum,
materi Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UUITE) dibagi menjadi
dua bagian besar, yaitu pengaturan mengenai informasi dan transaksi elektronik
dan pengaturan mengenai perbuatan yang dilarang. Pengaturan mengenai informasi
dan transaksi elektronik mengacu pada beberapa instrumen internasional, seperti
UNCITRAL Model Law on eCommerce dan UNCITRAL Model Law on eSignature. Bagian
ini dimaksudkan untuk mengakomodir kebutuhan para pelaku bisnis di internet dan
masyarakat umumnya guna mendapatkan kepastian hukum dalam melakukan transaksi
elektronik. Beberapa materi yang diatur, antara lain: 1. pengakuan
informasi/dokumen elektronik sebagai alat bukti hukum yang sah (Pasal 5 &
Pasal 6 UU ITE); 2. tanda tangan elektronik (Pasal 11 & Pasal 12 UU ITE);
3. penyelenggaraan sertifikasi elektronik (certification authority, Pasal 13
& Pasal 14 UU ITE); dan 4. penyelenggaraan sistem elektronik (Pasal 15
& Pasal 16 UU ITE).
Sedangkan
pengaturan mengenai perbuatan yang dilarang (cybercrimes) mengacu pada
ketentuan dalam EU Convention on Cybercrimes, 2001. Beberapa materi perbuatan
yang dilarang (cybercrimes) yang diatur dalam UU ITE, antara lain: 1. konten
ilegal, yang terdiri dari, antara lain: kesusilaan, perjudian, penghinaan/pencemaran
nama baik, pengancaman dan pemerasan (Pasal 27, Pasal 28, dan Pasal 29 UU ITE);
2. akses ilegal (Pasal 30); 3. intersepsi ilegal (Pasal 31); 4. gangguan
terhadap data (data interference, Pasal 32 UU ITE); 5. gangguan terhadap sistem
(system interference, Pasal 33 UU ITE); 6. penyalahgunaan alat dan perangkat
(misuse of device, Pasal 34 UU ITE).
ETIKA
DALAM BERINTERNET
Pentingnya
Etika Dalam menggunakan Internet adalah sebagai berikut:
1. Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai
negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang
berbeda-beda.
2. Pengguna
internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak
mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
3. Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam
internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga
penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya
dilakukan.
4. Harus
diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan
memungkinkan masuknya penghuni baru didunia maya tersebut.
Jadi
etika dalam menggunakan Internet sangat penting sekali bagi semua pengguna
internet, etika yang dimaksudkan disini adalah dalam forum-forum yang bersifat
umum dimana banyak orang/pihak tidak dikenal yang terlibat. Jika hanya
berinteraski dengan teman sendiri yang sudah akrab, mungkin ini tidak jadi
masalah mengingat si temanpun pasti sudah hafal karakter masing-masing, tetapi
tentu saja tetap harus ada batas-batas yang tidak boleh dilampaui.
Dibawah
ini adalah etika-etika dalam menggunakan internet yaitu sebagai berikut:
1. Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau
menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
2. Jangan
sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata
kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
3. Menulis
sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf
kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan
singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti
maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
4. Jangan
mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa
membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
5. Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan
tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
6. Jangan
turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum
pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong
(hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu
dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
7. Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan
dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa
membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
8. Selalu
memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat
dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak
cipta.
9. Jika
mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk
dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
10. Jangan
pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat
pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu
sendri.
sumber :
1. http://ilfen-share.blogspot.com/2013/03/definisi-web-science-dan-sejarah-web-10.html
2. http://yanitaita.blogspot.com/2011/03/sejarah-web-science.html
3. http://ahmadprasetya.wordpress.com/2012/03/14/sejarah-awal-mulanya-web-science/
4. http://changeofchange.blogspot.com/2013/03/arsitektur-web-dan-aplikasi-utamanya.html
5. http://januarfadilah.blogspot.com/2013/03/mengenal-lebih-dekat-web-science.html
6. http://tayaa90.wordpress.com/2010/05/11/hukum-dan-peraturan-internet-di-berbagai-aspek/
7. http://ekskulsmp3.blogspot.com/p/etika-dalam-menggunakan-internet.html
8. http://hendsmountenerings.wordpress.com/etika-berinternet/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar